S1 Desain Komunikasi Visual

Tentang Program Studi

Akreditasi

Minimum

Website

-

Program Studi Desain Komunikasi Visual menjembatani paradigma universal dan sistem desain, studi budaya dan pola komunikasi, sejarah dan masyarakat, bisnis dan teknologi. Proses belajar yang berfokus pada kemampuan merelasikan kerangka berpikir kontekstual, mengidentifikasi gagasan, dan kefasihan visualisasi sebagai tindakan solusi desain melalui pengembangan kompetensi kepekaan estetika, metode proses kreatif, dan pondasi pengetahuan lain yang bersinggungan.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Prospek Karir

A. Pengkaji (Practiced Based Research)

Lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki kompetensi dalam hal meneliti, menganalisa karya/produk/artefak melalui metodologi tertentu dengan menghasilkan metode/teknik inovatif serta proses kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari mulai menganalisa permasalahan, fenomena budaya kreatif dan isu isu mutakhir yang ada di masyarakat.

B. Praktisi (Practice Research)

Lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki kompetensi sebagai perancang, pencipta, kreator karya seni rupa, kriya dan desain berbekal kemampuan proses kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari mulai menganalisa permasalah, fenomena budaya kreatif dan isu isu mutakhir yang ada di masyarakat. Merumuskan konsep dan metode pemecahan masalah yang relevan, mewujudkan ide dan konsep kedalam bentuk inovasi karya yang dipresentasikan, diterbitkan dan dipamerkan baik dalam skala lokal, nasional, regional dan atau internasional.

C. Pengelola Budaya Kreatif 

Lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain yang memiliki passion dalam mewujudkan deseminasi berbagai bentuk dan jenis karya melalui pelatihan, workshop, seminar, terbitan artikel ilmiah, pameran, dan festival baik dalam skala lokal, nasional, regional dan atau internasional melalui jejaring kerjasama dengan berbagai mitra terkait.

D.Pamong Budaya

Lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain yang memiliki passion dalam mengawal, mendampingi, membina potensi potensi yang ada di lingkungan masyarakat tertentu baik yang bersifat tradisional, urban, dan atau modern sesuai dengan sentuhan perspektif bidang tertentu.

Materi Pembelajaran

Konsep kurikulum yang digunakan merujuk pada konsep OBE (Outcome Based Education) dan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang terintegrasi, adaptif dan inklusif, serta memberikan keluasan hak atas pengembangan kompetensi dan profesi seni-budaya, dan media visual peserta didik sesuai fasilitas jamannya.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!